Blogging Mastermind – Temukan Niche Blog Anda Part 1: Apa Alasan Anda Blogging?

Nah, ini pertanyaan pertama yang harus anda jawab untuk menemukan niche blog anda. Kenapa anda blogging? Apa yang sebenarnya anda cari dari blogging? Atau motivasi apa yang membuat anda blogging? Anda harus menjawab pertanyaan ini terlebih dulu. Karena pertanyaan ini yang mendasari anda melakukan blogging.

Tapi, sebaiknya anda tak menjawabnya secara sembarangan atau asal-asalan. Misalnya karena iseng saja. Sebab alasan yang anda sampaikan sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kesuksesan blog anda nantinya.

Umpamanya anda blogging hanya karena iseng. Bisa saja anda kemudian melakukannya tidak dengan serius. Anda hanya ingin mencoba saja dan setelah bosan meninggalkan blog anda begitu saja. Jika begitu pastilah tak mungkin blog anda sampai menghasilkan uang dan bahkan mencapai predikat blog sukses spektakuler.

Untuk itu penting mulai blogging dengan niat yang benar. Tata mindset anda dan rencanakan blog anda secara sungguh-sungguh. Saya perlu ingatkan lagi pentingnya mindset yang benar. Sebab keberhasilan blog anda berawal dari kokohnya pondasi mindset anda. Hanya mindset yang tepat sajalah yang bisa membuat anda tetap tegar menjalankan blog sampai pintu keberhasilan terbuka. Soal mindset, saya yakin anda sudah kenyang membacanya di modul pertama.

Kembali ke pertanyaan awal tadi, apa alasan anda blogging? Anda bisa saja menjawab bermacam-macam. Bisa karena anda ingin mendapat banyak uang, menjadi terkenal, agar gaul, supaya tak dicap gaptek dsb.

Tapi ada satu pesan yang ingin saya tekankan.

Yang anda berikan untuk pengunjung sangat menentukan kesuksesan blog anda. Blog sukses adalah blog yang bisa membuat pembacanya menjadi lebih baik.

Anda pasti paham apa maksudnya. Artinya, blog anda bermanfaat. Berguna bagi pengunjung anda. Mampu membuat mereka yang sebelumnya seperti tengah berada dalam kegelapan, mendapatkan pencerahan lewat isi dari blog anda. Kebingungan atau pertanyaan yang selama ini belum terjawab di benak mereka, mereka temukan jawabannya di blog anda.

Jadi, tentukan apa yang bisa blog anda berikan untuk kehidupan orang lain. Dan, apa hadiah terbaik yang bisa anda berikan untuk pengunjung?

Waktu anda membeli dan mempelajari ebook ini mungkin karena anda ingin meraup untung besar dari blogging. Sebab dengan banyaknya penghasilan, anda bisa memperbaiki kesejahteraan hidup anda. Benar begitu? Jika anda ingin blogging membawa anda pada gerbang kesuksesan, anda harus menghasilkan uang dari blog anda. Tapi, anda tidak bisa terus memikirkan diri anda sendiri.

Jika ingin mendapat hasil terbaik, maka berikanlah yang terbaik pula.

Anda harus memiliki semangat membara menjadi blogger sukses. Tapi, hati-hati… jika anda terlalu banyak menghabiskan waktu blogging hanya untuk mendapatkan uang, anda keliru. Yang terjadi malah sebaliknya. Anda tidak akan memperoleh traffic sama sekali. Dan NO TRAFFIC = NO MONEY. Tidak ada traffic = tidak ada uang. Kenapa bisa begitu?

Semakin anda mencurahkan perhatian anda pada blog, saya yakin anda akan memberikan seluruh blog anda hanya untuk kaum blogger saja. Ya, karena anda ingin menjadi bagian dari dunia blogging maka anda merasa harus mengikuti pendahulu anda. Hasilnya, blog anda hanya memberikan sesuatu yang biasa-biasa saja.

Atau bahkan sama seperti yang dilakukan blogger lain. Anda sekadar menginformasikan sesuatu untuk pengunjung. Ini fatal! Karena anda datang di dunia blogging untuk merebut perhatian orang. Anda harus menjadi seseorang yang mampu memberikan sesuatu yang lebih baik dari yang pernah ada. Untuk apa pengunjung rutin datang ke blog anda jika anda sama saja seperti blog lainnya?

Maka, jangan meniru blogger lain. Tanamkan pada benak anda, “blog saya ini bukan hanya untuk kepentingan pribadi. Saya harus bisa memberikan sesuatu pada orang lain, meskipun kecil.” Dengan blog yang bertraffic tinggi anda bisa mendapatkan Joko Susilo | RahasiaBlogging.com 31 puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Entah uang itu anda peroleh dari penjualan produk sendiri, iklan, affiliate program, ataupun paid review.

Tapi, dengan sumber penghasilan itu, tidak mungkin bisa anda dapatkan jika sejak awal anda hanya bisa menyenangkan diri sendiri. Anda tidak memberikan kontribusi apapun untuk pengunjung anda? Ini sama saja anda tidak memiliki traffic. Uang yang anda dapat tak bisa anda andalkan seumur hidup anda. Karena anda tidak berkesan di hati pengunjung anda. Anda tak memberikan apa-apa kecuali penawaran dan penawaran. Pengunjung yang sudah datang satu kali dan sudah membeli produk pun, kemungkinan besar tidak akan kembali lagi pada anda.

Ingat, blog yang berhasil adalah yang bisa memperbaiki kehidupan pengunjungnya. Bukan cuma anda yang bisa mendapatkan apa yang anda inginkan. Tapi pengunjung anda juga mendapatkan yang diinginkannya.

Maka, pikirkanlah baik-baik saat menulis konten. Sekali lagi saya katakan, pengunjung akan terus mengingat blog anda hanya jika anda memberikan yang terbaik yang mereka inginkan. Nah, apa yang selalu pengunjung cari dalam hidup mereka? Ya, itu tadi.Kehidupan yang lebih baik. Semua orang pasti ingin bertambah baik. Jika sekarang kondisi ekonomi mereka biasa-biasa saja atau pas-pasan, anda harus meyakinkan mereka banyak cara untuk menjadi orang yang makmur sejahtera. Pikat mereka agar terus optimis dan percaya diri.

Buatlah konten yang fokus menyemangati pengunjung. Pastikan setelah pengunjung selesai membaca konten anda, mereka merasa lebih baik. Anda bingung bagaimana caranya? Mudah, tidak perlu berpikir yang berat-berat. Fokuskan blog anda untuk membantu, mendidik, dan menghibur semua pengunjung. Tentu lewat kata-kata yang anda rangkai dalam konten anda. Dengan cara ini anda sudah memiliki satu pondasi hebat untuk kesuksesan blog anda. Percayalah! Anda memiliki pengunjung setia!

Lebih lanjut soal konten dan traffic memang akan saya bicarakan di modul berikutnya. Tapi pada tahap perencanaan ini, anda harus memadukan suluruh aspek tepat sebelum anda mulai melangkah. Hasil akhirnya, anda bisa melaksanakan rencana dengan baik.

Perencanaan yang matang penting untuk bisnis anda. Termasuk blogging. Nah, sekarang jika saya bertanya pada anda,

“Mengapa anda mau blogging?”

“Siapa yang menjadi target anda?”

“Bagaimana anda membuat lbog anda populer?”

Mari kita belajar lebih jauh lagi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *