Blogging Mastermind – SEO Part 4: Plugins: Cara Lain Menduduki Rangking Tinggi dalam Search Engine

Tahukah anda apa kelebihan terbesar dalam blog jenis WordPress? Ya, seperti yang pernah saya jelaskan pada subbab terdahulu bahwa WordPress memiliki lebih dari 1.500 plugins! Anda boleh percaya atau tidak.

Tapi, yang jelas, ada ribuan plugins di internet yang bisa anda download untuk kepentingan blog WordPress anda. Jika anda berkunjung ke http://wp-plugins.net/ dan http://www.pluginsmeter.com, anda akan banyak menemukan ribuan plugins yang bisa digunakan oleh para blogger sesuai dengan kebutuhannya.

Apakah saya akan memberikan ribuan plugins tersebut pada anda secara keseluruhan? Eits…jangan salah. Saya pasti sudah gila jika memberikan ribuan plugins pada anda dalam ebook ini. Tidak. Saya tidak perlu memberikan semuanya pada anda.

Yang saya akan berikan hanyalah plugins-plugins yang memiliki hubungan langsung dengan search engine. Artinya, saya hanya menawarkan plugin yang bisa membantu blog anda menduduki rangking tertinggi dalam search engine. Itu saja.

Yang perlu anda ketahui, plugin ini merupakan kumpulan plugin yang (sebagian) saya gunakan untuk meningkatkan pengunjung dan traffic dalam blog saya. Itu berarti pluginplugin inilah yang juga membantu saya meningkatkan penghasilan ratusan juta rupiah per bulannya! Jadi, anda tentu rugi jika tidak mempelajari dan mengetahui plugins plugins tersebut.

Oya, dalam materi tentang plugin ini, anda dituntut untuk mempelajari pelaksanaan teknisnya sendiri. Saya tidak akan memberikan screenshot langkah-langkah teknis untuk masing-masing plugins pada anda karena penerapan masing-masing plugins tersebut cukup mudah untuk anda lakukan sendiri.

Lagipula, plugin-plugin di bawah ini hanyalah cara ‘lain’ dari cara-cara yang telah saya sebutkan sebelumnya. Ini berarti anda tidak diwajibkan untuk memiliki plugins di bawah ini. Tapi, sebagai antisipasi jika cara pertama tidak bisa diandalkan, plugin agaknya memang wajib untuk anda miliki dan terapkan.

Anda penasaran bukan? Baik…mari kita pelajari satu persatu…

Related Posts Plug-in – Alexander Malov dan Mike Lu

Related posts plugin merupakan jenis plugin yang memungkinkan anda untuk membuat internal links pada masing-masing tampilan blog anda secara otomatis. Plugin ini akan menjadikan setiap tampilan blog anda memiliki hubungan yang erat satu sama lain. Sehingga, dengan cara demikian, search engine akan lebih mudah untuk melacak masing-masing keyword yang anda letakkan dalam setiap tampilan blog anda tersebut.

Untuk mendapatkan plugins ini, silakan anda download link berikut:
http://wasabi.pbwiki.com/Related%20Entries

Google Sitemap – Arne Brachhold

Saya yakin, anda pasti sudah bisa menggambarkan fungsi dari plugins yang satu ini. Dari sisi namanya saja, yaitu Google Sitemap, berarti peta situs Google.

Pada dasarnya, sitemap merupakan file sederhana yang menampilkan seluruh layout blog anda dengan semua navigasi dan link-link yang anda letakkan dalam page dan tampilan blog anda. Artinya, blog anda akan tampil layaknya peta dalam search engine Google.

Selain itu, dengan plugin jenis ini, Google akan lebih mudah menemukan halaman blog yang baru anda update. Anda tidak perlu bersusah payah membuat sitemap dengan cara manual, karena plugin ini akan membantu anda untuk bekerja lebih efektif sehingga search engine akan lebih mudah menjangkau blog anda.

Untuk memperoleh plugin ini, silakan anda download link berikut:
http://www.arnebrachhold.de/projects/WordPress-plugins/google-xmlsitemapsgenerator/

HeadSpace 2 – John Godley

Sepertinya, setiap blogger harus memiliki plugins HeadSpace ini. Mengapa demikian? Sederhana saja, dengan plugin ini, anda akan lebih mudah melaksanakan beberapa tugas di bawah ini dalam ruang admin WordPress anda.
Mau tahu apa saja yang bisa dilakukan oleh HeadSpace? Berikut penjelasan ringkasnya:

  • Page titles – merupakan plugin yang menyajikan judul-judul posting yang sering ditampilkan dalam search engine.
  • Tags dan Keywords – merupakan plugin tags otomatis dalam WordPress versi 2.3 yang memiliki penghitungan algoritma dan Yahoo.
  • Page-specific plugin – merupakan plugin yang bisa tampil dalam page khusus
  • Theme-specific plugin – merupakan plugin yang bisa mengubah motif blog anda dalam page khusus
  • Description – yaitu, tulisan yang muncul dalam daftar search engine
  • More text – merupakan plugins yang bisa mengubah ‘text’ untuk masingmasing tampilan
  • JavaScript dan CSS – yaitu plugin yang bisa menambah JavaScript dan CSS dalam tampilan blog anda
  • No index – merupakan plugins yang bisa mengatur page apa yang (seharusnya) terindex dalam search engine
  • Site name and Description
  • RSS name anda Description
  • Anything else you want – merupakan plugin yang menyediakan custom meta-data.

Langkah-langkah penerapan plugin ini sebenarnya hampir sama dengan langkahlangkah yang saya jelaskan sebelumnya, yaitu seputar description, page title, keyword, dan sebagainya. Intinya, dengan plugin-plugin semacam itu, bukan mustahil blog anda akan berada di posisi no. 1 dalam spider search engine.

Untuk mendapatkan plugin ini, silakan anda download dalam link berikut: http://urbangiraffe.com/plugins/headspace2/

Popularity Contest –Alex King

Plugin jenis ini cukup menarik karena memungkinkan anda untuk melihat, mengetahui, dan meletakkan tampilan blog apa yang sering dibaca oleh pengunjung blog anda. Dengan plugin ini, anda juga bisa melihat apa saja komentar-komentar yang disampaikan mereka tentang tampilan blog anda. Dengan begitu, anda bisa menaruh tampilan apa yang paling disenangi mereka pada saat itu. Usaha ini tentu akan menjadikan blog anda lebih mudah merebut posisi atas dalam search engine.

Untuk memperoleh plugin ini, silakan anda download:
http://alexking.org/blog/2007/12/16/popularity-contest-13b3

Subscribe to Comment – Mark Jaquith

Untuk meningkatkan komentar tentang blog anda, plugin akan sangat membantu. Ya, dengan plugin, setiap pengunjung akan lebih mudah berlangganan apa yang anda tampilan dalam blog anda.

Perlu anda ketahui, plugin jenis ini adalah plugin yang paling banyak digunakan oleh para blogger untuk menarik perhatian pengunjung pada blognya. Dengan demikian, semakin banyak orang yang mengunjungi blog anda, maka semakin besar pula posisi blog anda akan terus meningkat dari hari ke hari.

Anda penasaran bukan? Sebaiknya, anda langsung download plugin ini di link: http://txfx.net/code/WordPress/subscribe-to-comments/

Saya tidak tahu, apa yang sekarang anda pikirkan. Yang saya tahu, anda saat ini sudah mulai kebelet mendownload seluruh plugin-plugin di atas.

Benar bukan? Untuk itu, cobalah meluangkan waktu sedikit untuk mendowload beberapa plugin tersebut dan mencoba untuk menerapkannya satu persatu. Jika ada kesulitan, tanyalah pada ahlinya. Jika anda menemukan kejanggalan, pelajarilah lebih dalam informasinya tentang plugin tersebut.

Sebagai bantuan spesialnya, anda bisa bertanya kepada saya lewat blog www.MasArief.com untuk mendapatkan informasi yang lebih ringkas. Anda tidak perlu khawatir, selama anda mau bersungguh-sungguh menjalani internet marketing, saya akan selalu siap membantu anda. Untuk itu, seringlah mengunjungi blog saya karena anda mungkin akan mendapatkan informasi-informasi update terbaru yang penting untuk kepentingan bisnis online anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *