Blogging Mastermind – SEO Part 3: 10 Faktor Pendongkrak Posisi Puncak di Search Engine

Kalau anda memang sangat bernafsu ingin menempatkan blog anda di posisi puncak search engine, ada dua syarat yang wajib anda perhatikan. Syarat terpenting pertama adalah blog anda harus punya cukup banyak posting. Berapa banyak? Ya, sekitar 30-50 postingan. Kalau blog anda memiliki banyak artikel, artinya search engine sudah cukup
lama mendeteksi keberadaan blog anda. Dengan begitu, pastinya blog anda sudah masuk radar search engine.

Makin sering diupdate, search engine juga makin senang dengan blog anda. Ingat, halaman hasil search engine atau search engine result page (SERP) selalu berubah. Jika anda tak mampu mengisi posting secara teratur, posisi blog anda pasti mudah melorot di hasil pencarian search engine.

Syarat kedua, dalam setiap postingan anda selalu perhatikan kesepuluh faktor ini. Kesepuluh faktor ini pengaruhnya sekitar 20 % terhadap penempatan posisi blog anda di halaman search engine.

1. Judul posting.
Ini salah satu faktor terpenting yang dilihat search engine. Karena itu, penting memasukkan keyword ke dalam judul posting anda. Contohnya, seperti yang tadi saya jelaskan di halaman sebelumnya. Judul posting dilihat sebagai salah satu faktor penting sebab search engine menggunakan click through sebagai acuannya. Artinya, ketika judul artikel anda diklik oleh pengunjung, maka search engine akan ikut menghitungnya. Dan hasilnya ikut menentukan penempatan posisi blog anda di hasil pencarian search engine.

2. Anchor text.
Anchor text juga sama besar pengaruhnya dengan judul posting. Karena itu, anda perlu pikirkan benar, anchor text yang akan anda pasang. Contohnya, misalkan anda ingin mengoptimasi keyword “blog motivasi”, maka gunakan keyword tersebut sebagai anchor text.

3. Keyword dalam isi postingan.
Dibandingkan kedua factor di atas, keyword dalam postingan pengaruhnya sedikit lebih kecil. Namun cukup membantu juga untuk mendongkrak posisi di search engine. Dalam postingan, perbanyak keyword di paragraph awal dan terakhir. Sebab di sana biasanya yang paling diperhatikan search engine. Bila perlu gunakan juga kata tebal (bold) atau kata miring (italic) untuk mengoptimasi keyword tersebut.

4. Kecepatan terbukanya blog.
Bukan cuma pengunjung, search engine pun akan kesulitan untuk meng-crawl isi blog anda kalau akses terbukanya lama. Akibatnya pun cukup berpengaruh terhadap SERP. Karena itu sebaiknya hindari menggunakan fitur yang menghambat terbukanya blog anda. Seperti, menggunakan flash yang memberatkan, fitur yang menggunakan java script (sekalipun javascript popular dipakai, sebaiknya cukup pakai yang anda butuhkan saja), dan redirect URL.

5. Link internal.
Anda bisa tautkan atau buat link postingan terbaru anda dengan posting-posting sebelumnya. Ketika anda melakukan link internal, perhatikan juga anchor text yang anda pakai. Anchor text-nya sebaiknya keyword yang memang hendak anda optimasi.

6. Isi blog anda.
Ya, isi blog anda tak pelak ikut berpengaruh terhadap hasil penempatan di search engine. Search engine akan menilai kaitan isi blog anda dengan keyword, anchor text, dan lainnya.

7. Link eksternal.
Link eksternal artinya link dari blog lain yang mencantumkan link ke blog anda. Makin banyak yang menautkan link ke blog anda, makin baik dampaknya bagi blog anda.

8. Link dari blog sejenis.
Akan lebih baik lagi jika link eksternal yang anda dapatkan berasal dari blog yang temanya sejenis. Sebab, search engine ikut memperhitungkan relevansi sebuah link. Link yang berasal dari blog lain yang bertema sejenis akan meningkatkan reputasi blog anda.

9. Link dari blog yang populer.
Populer di sini maksudnya blog yang menempati posisi di halaman pertama search engine. Ketika anda mendapatkan link dari blog tersebut, blog anda akan ikut terdongkrak. Karena itu sering-seringlah berhubungan dengan blog yang berada di halaman depan search engine. Siapa tahu mereka nantinya akan menautkan link ke blog anda.

10. Spam keyword.
Mungkin anda sering melihat blog yang tampil di halaman depan search engine, tapi setelah isinya dibuka, ternyata isinya hanya keyword saja. Hal ini memang ampuh untuk mempercepat blog anda tampil di halaman depan search engine, tapi sebaiknya anda hindari. Karena begitu search engine menilai anda melakukan spam keyword, seketika itu juga blog anda akan didepak dari halaman depan search engine. Mengenai keyword spam ini juga saya bahas pada sub judul Jangan Menggunakan Link Farm! pada beberapa halaman sebelumnya.

Nah, setelah anda memahami begitu pentingnya langkah-langkah SEO bagi prospek bisnis online anda dan faktor-faktor yang dilihat search engine untuk menentukan sebuah blog tampil di halaman depan search engine, maka sudah saatnya anda belajar lebih dalam lagi tentang langkah-langkah tambahan dalam menarik sebanyak mungkin pengunjung melalui search engine.

Sekarang kita akan lanjutkan untuk mengoptimasi bagian dalam blog anda. Mari kita mulai dengan memaksimalkan update service blog anda. Gunanya, begitu anda memposting artikel baru, secara otomatis WordPress akan melakukan ping pada situs-situs web yang anda masukkan sebagai tanda kalau anda telah mengupdate blog.

Mari kita langsung saja…

Langkah #1 – Cari update service
Saat anda berada di wp-admin WordPress anda, klik “Settings” kemudian pilih “writing”. Dan pada bagian paling bawah anda akan temui “update services”. Di sana, pada kondisi awal biasanya hanya ada http://rpc.pingomatic.com.

Langkah #2 – Tambahkan dengan ping service lainnya
Selanjutnya tambahkan dengan ping lainnya yang diletakkan secara berurutan ke bawah.
Klik save changes.

Berikut ini ping service yang bisa anda tambahkan:

Bagaimana? Sudah anda masukkan semua? Banyak kan?  😀

Oh ya, hampir saja terlupa. Saat proses ping yang anda lakukan ke banyak situs web tersebut akan banyak makan waktu. Untuk itu, gunakan plugin No Ping Wait di http://www.exwebjunkie.com/nopingwait2.zip untuk memperlancar prosesnya. Download, install, dan aktifkan di blog anda.

Eh ternyata kita sudah membicarakan plugin. Seharusnya baru dibahas sesaat lagi. Oke tanpa tunggu lama, berikutnya kita bahas lebih dalam tentang metode penggunaan plugins untuk SEO!

Lets go…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *