Blogging Mastermind – SEO Part 2: Keywords, Menguak Rahasia-Rahasia SEO

Sudah menjadi rahasia umum dalam masalah internet marketing, bahwa untuk meningkatkan traffic dan jumlah pengunjung ke dalam blog, anda harus berada di urutan atas search engine. Para pebisnis online lebih banyak berkompetisi meraih posisi tinggi di search engine. Mereka berlomba untuk menduduki rangking teratas dalam spider mesin pencari itu. Jika boleh dibilang, inilah atmosfer terpanas dalam internet marketing!

Ya, search engine adalah salah satu kunci keberhasilan traffic! Saat anda telah berhasil merebut ‘hati’ search engine, sudah bisa dipastikan trafic bisnis online anda akan semakin meningkat dari hari ke hari. Inilah yang sering dikenal dengan sebutan search engine optimazion (SEO).

Lalu, apa saja rahasia-rahasia SEO tersebut? Bagus! Anda sepertinya sudah tidak sabar lagi menunggu apakah rahasia-rahasia SEO itu. Oke, tidak masalah, kita akan langsung membahas materi tentang rahasia-rahasia SEO untuk blog anda.

Kita akan mulai dari alur menentukan keyword. Saya akan tunjukkan bagaimana saya biasanya menentukan keyword dalam setiap postingan saya.

Saya biasanya membuka program Notepad dan menuliskan kata-kata yang menurut saya akan saya ketikkan jika membuka search engine. Kadang juga saya menggunakan software Buzz Keyword seperti saya jelaskan di modul 2.

Misalkan, saya memilih kata “blog”, maka saya tuliskan:

– Tips blogging
– Rahasia blogging
– Membuat blog
– Blog Indonesia
– Dst

Daftar keyword sudah tertulis, nah itulah keyword-keyword yang nantinya akan saya optimasi. Atau jika ingin lebih gampang lagi anda bisa gunakan software Buzz Keyword seperti di modul 2.

Biasanya saya menembak keyword yang terdiri lebih dari satu kata. Mengapa? Sebab, pertama, keyword yang hanya terdiri dari satu kata (misalkan “blog” saja), tingkat persaingannya sudah terlampau tinggi. Kedua, pengguna search engine makin banyak yang mengetikkan keyword lebih dari satu kata. Maksudnya dari pada mengetikkan “blog” saja misalnya, mereka akan lebih memilih mengetikkan “definisi blog” jika ingin tahu arti blog, atau “membuat blog” jika ingin mencari cara membuat blog.

Jadi, intinya spesifikkan keyword yang anda pilih.

Silakan anda ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengungkap rahasia SEO:

Catatan: Sebelum anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini, anda harus memiliki sebuah keyword yang akan anda letakkan dalam blog anda. Dalam petunjuk di bawah ini, saya memakai keyword “memilih affiliate program” sebagai pedoman.

Langkah #1 – Menjadikan keyword sebagai judul artikel anda.
Saat anda berada di wp-admin WordPress anda, klik “Write”. Dalam kotak “title”, masukkan keyword anda (affiliate program) sebagai judul artikel.

Langkah #2 – Sebarkan keyword anda diseluruh kalimat keyword anda.
Coba anda lihat screenshot di bawah ini. Lihatlah bagaimana saya begitu banyak meletakkan keyword saya dalam artikel tersebut.

Langkah #3 – Jadikan keyword anda sebagai link menuju nama domain anda.
Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah
(1) Blok keyword yang anda inginkan,
(2) Klik tanda icon link di bar atas,
(3) Anda akan menemukan kotak “Insert/edit link”. Masukkan nama domain anda dalam kotak kosong “link” dan pastikan dalam kotak “target”, anda memilih menu “Open link in the same window”,
(4) Klik “Insert”,
(5) Jika keyword tersebut berwarna biru dan ber-underline, maka koneksi berhasil.

Langkah #4 – Taruhlah keyword anda dalam categories
Cobalah untuk sebisa mungkin menaruh keyword dalam setiap kategori yang menampilkan artikel tentang keyword tersebut. Caranya:
(1) Dalam kotak “Categories” di samping kanan, masukkan keyword anda,
(2) Klik “Add”. Maka blog anda menampilkan category seperti gambar di bawah ini.
(3) Tandai category keyword anda itu dengan satu kali klik.

Langkah #5 – Tambahkan tags
Bagaimana cara menambahkan tags? Tags dalam blog terdapat dalam kotak “Description” dan “Keywords” seperti gambar di bawah ini. Yang perlu anda lakukan:
(1) masukkan keyword anda, minimal satu kali, dalam meta tags description,
(2) masukkan keyword anda dalam kotak “Keywords”

Tapi, jika blog anda masih berada di bawah 10 daftar hasil pencarian search engine tersebut, tidak perlu bingung. Masih ada rahasia-rahasia besar yang akan saya sampaikan pada anda di subbab-subbab selanjutnya.

Yang terpenting, anda wajib melakukan petunjuk-petunjuk di atas sebagai pedoman awal untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke dalam blog anda. Bagaimana? Apakah anda siap untuk melaksanakan petunjuk-petunjuk tersebut?

Jika anda masih merasa belum siap sepenuhnya, cobalah untuk membaca beberapa catatan penting saya pada anda di bawah ini:

Usahakan anda meletakkan satu keyword (minimal) dalam judul tampilan (artikel) blog anda dan meletakkan lebih dari satu keyword dalam 20 kata pertama dalam artikel anda. Mengapa demikian?

Perlu anda ketahui, Google tidak hanya menampilkan alamat URL dan judul artikel anda saja, tapi juga menampilkan beberapa kata pertama dalam artikel anda. Jadi, untuk meyakinkan pengunjung bahwa anda benar-benar membuat sebuah artikel bermanfaat bagi mereka, tampilkan keyword anda beberapa kali dalamn bagian pertama artikel anda. Percayalah, pengaruh metode ini cukup besar pada perolehan pengunjung anda!

Buatlah headline yang menantang dan menarik pembaca. Ini adalah langkah lain yang saya tawarkan. Ya, headline. Artinya, headline bisa menggantikan posisi 20 kata pertama dalam artikel blog anda. Untuk lebih meyakinkah pengunjung, anda perlu menulis sebuah headline untuk setiap artikel anda itu. Ingat, headline haruslah menantang dan meyakinkan.

Jadi, jika anda tidak mau blog anda berada di urutan buncit dalam spider search engine, sudah saatnya anda berlatih untuk menerapkan lima langkah dasar SEO di atas. Jika anda tidak mau blog anda hanya menjadi lahan ‘kering’ tanpa traffic dan pengunjung, sudah waktunya anda mulai beralih mencoba melaksanakan petunjuk petunjuk yang saya sarankan tersebut.

Bagaimana? Apakah anda sudah merasa puas dengan langkah-langkah yang telah saya berikan di atas? Atau justru anda masih perlu pengetahuan yang lebih dalam lagi soal konsep SEO tersebut?

Jangan bingung! Saya punya solusinya! Jika anda masih belum puas dan merasa kurang dengan keterangan-keterangan yang saya berikan di atas, silakan anda download materi yang ada dalam website-website di bawah ini. Dua website berikut akan memberikan informasi lebih detail seputar trik-trik menjadikan blog anda terlacak dalam urutan teratas search engine.

Berikut link-link website tersebut:

Bacalah informasi dan artikel yang terdapat dalam tiga website di atas, anda akan temukan banyak sekali langkah-langkah dan tips-tips dasar tentang SEO itu. Namun, sekali lagi saya tegaskan, yang terpenting bagi anda setelah membaca seluruh informasi itu adalah melaksanakan, melakukan, dan menerapkannya dalam bentuk tindakan! Yang penting ACTION!

Jika anda semakin bingung dengan berbagai informasi itu, cukup anda lakukan langkahlangkah yang saya berikan sebelumnya. Perlu anda ketahui, langkah-langkah tersebut merupakan saringan dan intisari dari beragam sumber yang menerangkan tentang tips-tips SEO untuk blog jenis WordPress.

Berikutnya mari kita bahas faktor-faktor penilaian search engine dalam menentukan posisi
sebuah blog pada halaman pencarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *