Blogging Mastermind – Perbanyak Link Part 5: Marketing dengan Artikel

Marketing dengan artikel artinya menerapkan strategi marketing dengan cara mendaftarkan artikel anda pada artikel-artikel direktori. Tujuannya jelas, apalagi kalau bukan meningkatkan traffic.

Tapi, sebelumnya apa anda tahu apa itu artikel direktori? Artikel direktori merupakan   jenis situs web yang menerima artikel-artikel kiriman dari luar. Layaknya sebuah majalah, artikel direktori siap menampung artikel yang anda  tulis.

Kenapa direktori menjadi lahan pemasaran artikel anda? Karena kebanyakan pengguna internet menggunakan artikel direktori ini sebagai salah satu sumber informasi. Jadi,   jika artikel anda ingin dibaca oleh banyak orang, cobalah untuk memasukkan artikel anda ke dalam artikel direktori ini. Otomatis, orang yang membaca artikel anda langsung masuk ke blog anda.

Ada banyak artikel direktori yang bisa anda temukan di internet, antara  lain:

Jika pasar anda lokal, anda bisa manfaatkan web  berikut:

Beberapa artikel direktori di atas menerima artikel dari para blogger maupun webmaster untuk ditampilkan dalam web pagenya. Jadi, saat pengunjung mencari informasi tentang topik tertentu, mereka akan mencarinya di artikel direktori ini. Jika artikel anda ditemukan, berarti tambahan pembaca dan pengunjung baru untuk  anda.

Untuk memasukkan artikel di direktori, ada beberapa hal yang harus anda penuhi. Misalnya…

• Memiliki nama domain sendiri.
Ya, upayakan blog anda memiliki nama domain sendiri, istilahnya top level domain (TLD). Di Yahoo, hanya blog-blog yang memiliki top level domainlah yang bisa dimasukkan dalam daftar indexnya.

• Relevansi content blog dengan domain.
Untuk mempermudah search engine mendata blog anda, upayakan isi blog mencerminkan nama domain yang anda miliki.

• 100% sempurna.
Maksudnya? Begini… agar blog anda berada di urutan teratas search engine, anda harus memastikan tidak ada broken link, gambar yang tidak bisa tampil, atau javascript error pada halaman web anda. Juga, jangan coba-coba mensubmit artikel jika masih belum 100% sempurna.

• Kesesuaian dengan aturan direktori.
Anda perlu tahu, masing-masing direktori memiliki aturan dan petunjuk masing-masing. Jadi, agar blog anda terhindar dari diskualifikasi, anda harus terlebih dulu tahu peraturan direktori yang menjadi sasaran Anda.

• Halaman utama.
Jangan mendaftarkan seluruh halaman/page blog anda, karena biasanya direktori tidak menerima halaman blog yang terlampau banyak. Jadi, pastikan anda hanya mensubmit halaman utama blog Anda.

• Menampilkan link.
Jika anda menemukan beberapa direktori yang mengijinkan menaruh link dalam artikel, anda bisa menaruh anchor text dalam artikel blog, yang terhubung dengan alamat blog anda secara langsung.

• Ubah beberapa bagian artikel.
Bila anda berniat memasukkan satu artikel ke beberapa artikel direktori, saran saya sebaiknya anda ubah beberapa bagian artikel tersebut. Jadi, setiap artikel yang anda masukkan di setiap direktori tidak persis sama 100 persen. Anda bisa sedikit ubah judul dan bagian awal artikel Anda.

• Masukkan artikel di forum.
Selain di direktori, anda bisa memasukkan artikel juga di forum. Tentunya dalam memasukkannya, anda harus perhatikan kesesuaian isi artikel dengan forumnya. Atau jika forum tersebut memiliki banyak sub forum, anda bisa cari sub forum yang sesuai. Sebagai contoh, misalkan isi artikel anda tentang bisnis, anda bisa cari forum atau sub forum yang membahas tentang   Dan anda masukkan artikel anda di  sana.

Nah, jika di kemudian hari ada cara dan alternatif lain untuk memasarkan bisnis anda, jangan lewatkan begitu saja! Segera pelajari dan masukkan blog anda di sana! Internet selalu berkembang… akan selalu ada teknologi terbaru yang harus anda ikuti. Otomatis, akan ada strategi baru yang juga perlu anda ikuti. Jangan ketinggalan, segera   Action!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *