Blogging Mastermind – Perbanyak Link Part 4: Bertukar Link dengan Blogger Lain

Cara lain untuk memperbanyak link masuk adalah dengan bertukar link. Anda bisa ajak seorang blogger untuk bertukar link. Dan jika dia bersedia, anda bisa memasukkan link blognya di blogroll. Blogger tersebut juga akan memasukkan link blog anda di   blogrollnya.

Penjelasan blogroll adalah daftar blog atau situs web lain yang tampil dan terdapat  linknya pada blog anda. Daftar blog atau situs web yang dipasang itu yang biasanya sering dikunjungi. Atau sudah terjalin hubungan yang baik dengan pemilik  blog.

Mengenai penamaannya tak harus “blogroll”. Tapi bisa diganti dengan nama lain. Beberapa blog menyebutnya sebagai “Favorit Saya”, “Teman Saya”, “Sering Dikunjungi”, “Blog Rekomendasi”, dan nama  lainnya.

Memasang blogroll akan memperbesar peluang masuknya traffic ke blog anda. Apalagi kalau link blog anda sudah tersebar di banyak blogroll. Hasilnya, anda punya banyak “pintu masuk” yang mengarahkan pengunjung untuk datang ke blog  anda.

Bertukar link merupakan kerjasama yang saling menguntungkan. Karena bisa saling bantu mengalirkan traffic. Pengunjung blog anda bisa ikut berkunjung ke blog teman anda. Dan begitupun sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *