Blogging Mastermind – Pengenalan Blog Part 7: Mengembangkan Hubungan Yang Lebih Akrab Dengan Pelanggan

Manfaat besar selanjutnya dari sebuah blog untuk bisnis adalah adanya jalinan keakraban dengan pelanggan. Blog lebih fleksibel dari pada jenis-jenis web online lain. Situs web tidak bisa melakukan apa yang blog bisa.

Ya, ini dia, anda bisa berhubungan secara langsung dengan para pelanggan produk anda. Apapun masukan yang diberikan pengunjung, anda harus terima. Entah itu baik maupun buruk. Entah itu kritik yang membangun maupun kritik yang meruntuhkan. Anda harus tetap berterimakasih pada pengkomentar. Karena sudah mau mencurahkan waktu mengeluarkan uneg-uneg mereka. Betul kan?

Dengan membuka pintu komunikasi seluas-luasnya anda bisa meraih kepercayaan pengunjung. Seumpama anda mendapatkan komplain dari pelanggan, anda bisa langsung mengetahuinya. Dan, anda pun bisa seketika melakukan tindakan “penyelamatan” bisnis. Bukan tidak mungkin komplain atas produk anda bisa menyebabkan bisnis anda tercoreng.

Dan, jika anda mendapatkan banyak kepuasan dari pelanggan pun anda bisa langsung menampilkannya di blog anda. Pengunjung yang lain tentu bisa membacanya. Jelas saja anda bisa menaikkan pamor anda. Menarik ya?

Well, sebelum kita beranjak ke bab selanjutnya, saya tidak lupa mengingatkan anda untuk tidak menyerah dan tetap berkomitmen pada blog anda. Saya sudah jelaskan banyak hal pada anda. Mungkin anda masih bingung apa yang harus segera anda lakukan dengan blog anda. Saya tahu anda sudah bernafsu untuk take action! Tapi sabar…

Tidak ada kesuksesan yang instan, kita harus berjalan perlahan. Selalu isi baterai semangat anda. Jangan lelah untuk terus belajar mengikuti trend teknologi internet yang bisa menolong anda menjalankan bisnis. Sekali lagi jangan menyerah! Bisnis anda tidak akan bisa berdiri hanya dalam waktu sehari. Anda harus konsisten menginvestasikan waktu dan usaha di sini. Kalau anda tidak siap dengan itu semua, sebaiknya berhentilah sampai di sini. Stop! Jangan teruskan membaca ebook ini. Karena saya tidak ingin anda membuang waktu percuma.

Kecuali, anda mengidamkan kesuksesan yang luar biasa. Anda harus siap menjadi pebisnis internet yang tangguh. Tidak loyo hanya karena satu atau dua masalah kecil saja. Tapi, anda juga baiknya tidak terlalu bekerja keras. Sekali waktu ambillah jeda untuk beristirahat. Biarkan otak anda segar. Agar, anda bisa berpikir lebih jernih dan lebih baik. Pebisnis internet sukses menghabiskan banyak waktu berpikir dan berpikir. Aktivitas anda tak jauh dari usaha mewujudkan ide-ide cemerlang yang ada di kepala anda. Jadi anda perlu sekali-sekali melakukan hal-hal yang membuat anda jauh dari rutinitas dan membuat hati anda enjoy. Setelah semuanya berubah jadi segar, kembalilah berbisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *