Blogging Mastermind – Pengenalan Blog Part 1: Apakah Blog Itu Dan Mengapa Banyak Orang Membicarakannya?

Apa sebetulnya blog itu?

Kalau anda ketikkan kata kunci “arti blog” di search engine akan sangat banyak definisi yang bermunculan. Misalnya Wikipedia mendefiniskan “blog sebagai aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.”

Selain definisi menurut Wikipedia di atas, banyak definisi blog lainnya. Perbedaan definisi ini tentu sangat wajar. Sebab, setiap orang bebas untuk menyampaikan pendapatnya.

Kalau saya amati, biasanya antar definisi hanya berbeda pada penekanannya saja. Kalau anda tanya kepada saya, apa itu blog? Supaya cepat dipahami, saya biasa menjawabnya dengan menunjukkan contoh langsung yang membedakan blog dengan situs web. Meskipun sebenarnya blog juga merupakan jenis situs web. Untuk contoh blog lihat www.Masarief.com dan contoh situs web lihat www.icdhouse.com. Perhatikan sejenak.

Anda bisa menangkap bedanya kan?

Istilah blog sendiri berasal dari “web log” yang artinya buku catatan (diari) online. Ya betul-betul seperti buku harian! Karena pada awalnya, banyak yang menggunakan blog untuk menuangkan pengalaman pribadinya selama ini di sana. Namun dalam perkembangannya, yang ditulis bukan hanya soal pengalaman pribadi saja, tapi bisa apapun. Dari tulisan ringan sampai yang serius. Temanya juga berkisar tidak hanya tentang diri sendiri, tapi sekarang sudah bisa apapun.

Secara konten, bukan cuma bisa diisi tulisan saja, tapi juga bisa diisi dengan suara (podcast) dan video (vlog= video blog). Hanya saja, sampai sekarang ini konten yang dominan masih berupa tulisan. Sebuah blog sekarang juga tidak hanya bisa ditulis sendiri, tapi bisa oleh beberapa orang sekaligus.

Blog semakin populer. Pada November 2005, Google mendapatkan 475 juta hasil pencarian atas kata kunci (keyword) “blog”. Tahun 2009 ini, anda akan menemukan 3 milyar hasil untuk keyword yang sama. Pada tahun 2005, blog directory technorati mencatat lebih dari 21 juta blog telah dibuat oleh manusia. Lalu bagaimana dengan sekarang? Saat ini, blog yang ada telah mencapai lebih dari 200 juta!!

Wow… peningkatan yang cukup fantastis bukan?

Tak heran kalau perkembangan blog sungguh luar biasa. Hambatan-hambatan yang dulu menyulitkan orang untuk membuat situs web, kini tak lagi ada dengan munculnya blog. Kekakuan situs web yang seperti membuat pengunjung berhubunganan dengan ‘benda mati’, sekarang dengan blog tidak lagi terjadi.

Blog ibarat perwakilan karakter pemiliknya di dunia maya. Blog menampilkan seperti apa diri anda. Dan kalau artikel anda disukai pengunjung, maka anda akan mudah membangun komunitas blog yang membuat mereka akan selalu datang ke blog anda. Nah, ini pentingnya kenapa kemudian sejumlah blogger selalu bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan/traffic-nya. Karena dengan traffic tinggi, merupakan modal penting anda bisa membuat blog menghasilkan uang.

Selain traffic, banyak hal lain yang menunjang blog anda agar bisa menghasilkan uang. Ini saya akan sampaikan kemudian. Mari kita lanjutkan saja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *