Blogging Mastermind: Pendahuluan Part 4 – Dari Mana Saya Dapatkan Konsep Blogging Mastermind?

Satu hal yang belum saya ceritakan kepada anda soal kelahiran blog JokoSusilo.com adalah, saya membutuhkan waktu 6 bulan untuk meyakinkan diri bahwa saya siap meluncurkan blog ini.

Setelah pertama kali terbesit keinginan membuat blog, saya mulai berpikir ulang. Pikir saya, saya tidak boleh asal membuat blog. Blog bukanlah pekerjaan yang akan selesai dalam satu kali kerja. Blog butuh “pemeliharaan dan perawatan” yang serius dan dalam jangka waktu lama. Jika saya tidak siap dengan konsekuensinya, kredibilitas saya bisa hilang. Pelanggan tidak akan percaya lagi pada saya. Makanya, rencana membuat blog saya tahan.

Saya tahu, membangun sebuah blog tidak cukup dengan membeli domain , memasang hosting, dan mengisi content secara rutin. Lalu pengunjung datang dengan sendirinya dan membludak. Tidak cuma itu yang harus saya lakukan agar blog saya bisa sukses.

Oleh karena itu, jauh sebelum saya memulai ngeblog, saya pelajari ilmu blogging dari sebanyak mungkin sumber yang menurut saya bagus. Baru kemudian saya persiapkan hal-hal detil lebih lanjut. Saya pelajari bagaimana menulis posting yang menghipnotis, bagaimana menampilkan karakter blog yang kuat dan sebagainya. Intinya, saya pikirkan semua hal yang berkaitan dengan cara menciptakan blog sukses dan mencatatnya menjadi rumusan tersendiri.

Tentang sumber Rumusan Rahasia Blogging, secara khusus, saya ucapkan terimakasih kepada para master blogger yang telah menjadi tempat belajar blogging. Mereka adalah Alvin Phang, Yaro Starak, John Yeo, Rob Benwell, Ivan Wong, Darren Rowse, Chris Garrett, Gobala Krisnan, Mark Thompson, Sumantra Roy, Colleen Slater, dan para blogger lainnya yang tak bisa saya sebutkan satu per satu. Berkat ilmu-ilmu blogging mereka yang dipadukan dengan ACTION secara terus-menerus, membuat blog JokoSusilo.com sukses spektakuler seperti saat ini.

Dari dasar rumusan itu, mulailah saya ngeblog pada bulan Januari 2008. Dua bulan berjalan blog hanya menunjukkan perkembangan yang tidak seberapa. Terpaksa saya review lagi rumusan blogging, saya buang yang percuma dan masukkan yang berguna. Begitu seterusnya.

Akhirnya, pada bulan ketiga dan selanjutnya, blog jokosusilo.com menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan. Bulan demi bulan blog ini mengalami peningkatan dalam hal traffic, komentar, maupun penghasilan. Prestasi terus menanjak hingga akhirnya blog ini genap berusia satu tahun. Hasilnya, traffic blog mencapai 5000 Joko Susilo | RahasiaBlogging.com 6 pengunjung per hari, komentar pembaca mencapai 200an per posting, dan penjualan meningkat 500%! Dan saya yakin perkembangan ini masih akan terus berlanjut.

Semua ini terjadi karena sebuah rumusan blogging yang selalu saya optimasi keampuhannya. Seperti yang pernah saya bilang, rumusan ini adalah panduan saya. Rumusan ini adalah cermin langkah yang saya lakukan untuk membesarkan blog JokoSusilo.com hingga seperti sekarang ini. Ini adalah sebuah proses panjang, dari sekumpulan rumusan yang hanya teori, yang lalu diuji coba, dioptimasi sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah rumusan blogging terbaik bagi saya.

Sekarang rumusan ini berada di tangan anda, dan kita sepakat menyebutnya “Rumusan Rahasia Blogging”. Inilah rumusan yang akan mengantar anda ke gerbang kesuksesan mengelola blog, dengan catatan anda mengikuti seluruh petunjuk di dalamnya dengan penuh disiplin dan tanggung jawab. Membuat blog sukses itu tidak sulit, tapi juga tidak mudah. Anda memerlukan strategi yang tepat, disiplin, dan penerapan secara benar.

Sekarang anda tak perlu melewati apa yang dulu saya lakukan. Karena saya akan berikan semua yang saya tahu tentang blogging dan seluk beluknya dalam ebook ini. Anda hanya wajib membacanya dan ACTION! Anda siap?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *