Blogging Mastermind – Membangun Blog Pertama Anda Part 7: Plugin Yang Saya Pakai di Blog MasArief.com

Tahukah anda apa kelebihan terbesar WordPress? Ya, seperti yang pernah saya jelaskan pada subbab terdahulu, WordPress memiliki lebih 1500 plugins! Anda boleh percaya atau tidak.

Tapi, yang jelas, ada ribuan plugins di internet yang bisa anda download untuk kepentingan blog WordPress anda. Jika anda berkunjung ke http://wp-plugins.net/ dan http://www.pluginsmeter.com, anda akan banyak menemukan ribuan plugins yang sering digunakan oleh para blogger.

Dari banyaknya plugin yang tersedia, pemilihan plugin harus sesuai dengan tujuan blog anda. Jika sebuah plugin dirasa tak menunjang tujuan blogging anda, sebaiknya tak usah dipasang. Lalu kira-kira apa saja kebutuhan dan tujuan anda blogging? Secara detail tentu anda sendiri yang tahu jawabannya. Tapi kira-kira secara umum yang anda inginkan adalah:

  1. Agar blog anda interaktif
  2. Agar blog anda menghasilkan traffic
  3. Agar blog anda menghasilkan uang

Nah, kalau dirasa plugin yang anda pakai itu bisa memenuhi kebutuhan dan tujuan anda itu, maka pakailah. Kalau tidak, sebaiknya tak usah dipasang.

Nah, di sini saya akan berikan beberapa plugin yang saya pakai di blog JokoSusilo.com. Jumlahnya tidak ratusan, hanya beberapa saja. Ya, hanya itulah yang saya gunakan. Inilah plugins-plugins yang saya pakai dan terbukti efektif. Itu berarti plugins-plugins inilah yang juga membantu saya meningkatkan penghasilan ratusan juta rupiah per bulannya! Jadi, anda tentu rugi jika tidak mempelajari dan mengetahui plugins-plugins tersebut.

Oya, dalam materi tentang plugins ini, anda dituntut untuk mempelajari pelaksanaan teknisnya sendiri. Saya tidak akan memberikan screenshot langkah-langkah teknis untuk masing-masing plugins pada anda karena penerapan masing-masig plugins tersebut cukup mudah untuk anda lakukan.

Anda penasaran bukan? Baik…mari kita pelajari satu persatu…inilah plugin-plugin yang saya pakai.

a. Akismet. Plugin berfungsi untuk mendeteksi komentar spam yang masuk ke blog anda. Untuk menggunakannya anda perlu memiliki API key. Mengenai cara menggunakannya, akan saya bahas lebih jelas nanti.

b. Comment Relish. Plug in buatan Justin Shattuck ini berfungsi mengirim ucapan terimakasih lewat email kepada pengunjung yang baru pertama kali berkomentar di blog anda. Ini merupakan bentuk perhatian anda kepada siapapun yang telah berkomentar. Dan ini bisa membuat pengunjung kembali lagi ke blog anda.

c. Get Recent Comments blog. Kalau plugin yang ini berfungsi menampilkan komentar terakhir atau trackback ke blog anda.

d. Got Banners. Plugin sederhana ini berfungsi untuk menampilkan banner di blog yang bisa berotasi.

e. Recent Posts. Kalau yang ini menampilkan daftar posting terakhir di blog anda.

f. Related Posts. Menghubungkan artikel-artikel yang saling berkaitan. Yang dipakai sebagai acuannya adalah kata kunci.

g. Top Commentators Widget. Plugin yang menampilkan pengkomentar terbanyak di blog anda.

h. WordPress.com Stats. Statistik komplit blog anda, baik jumlah pengunjung, jumlah page view, dan lainnya bisa anda dapakan setelah menginstalnya. Untuk menginstalnya anda membutuhkan kunci API. Requires a WordPress.com API key. By Andy Skelton.

i. WordPress Database Backup. Kalau yang ini untuk memback up database anda.

j. Yet another threaded Comments plugin. Memungkinkan para pembaca mengomentari komentar pembaca lain, dan hasilnya komentar bisa tertulis secara hirarki. Manfaatnya, akan terjadi interaksi yang lebih kuat pada pengelola blog dengan pembaca, maupun antar sesama pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *