Blogging Mastermind – Membangun Blog Pertama Anda Part 6: Memasang Theme Blog Sesuai Topik

Seperti yang telah saya sampaikan pada anda sebelumnya, theme merupakan tampilan suatu blog. Nah, di WordPress, tersedia banyak theme yang bisa anda gonta-ganti untuk menjadikan blog anda lebih menarik.

Di mana letak template tersebut? Dan bagaimana cara menampilkannya dalam blog WordPress?

Wah… saya harap anda tidak berpikir bahwa anda harus melewati puluhan langkah sebagaimana anda menginstal modul. Itu sama sekali tidak benar. Ya, karena untuk menata theme blog, anda hanya butuh empat langkah mudah!

Oh ya? Bagaimana bisa? Jika anda masih penasaran, sebaiknya anda langsung ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah #1 – (1) Download produk themes yang telah saya sediakan dalam lampiran berjudul “Elegan WordPress Themes” ke dalam desktop anda, (2) Unzip produk tersebut, (3) Masukkan ke dalam FileZilla.

Langkah #2 – Login ke dalam admin WordPress anda dengan mengetik http://www.(namadomain).com/wp-admin dalam kotak browser

Langkah #3 – Pilih menu “Appearance” di bar samping, lalu klik “Themes”. Selanjutnya pilih theme.

Langkah #4 – Pilih theme atau model blog yang anda suka. Klik! Dan SELESAI!

Catatan: saat anda baru menginstall WordPress, theme yang tersedia pada kondisi default seperti tampak di bawah. Kemudian, silakan akses halaman utama blog anda. Maka anda akan lihat tampilan blog anda sudah berubah.

Anda masih terheran-heran karena begitu mudahnya menampilkan motif blog? Ya, seperti itulah perjalanan membuat blog WordPress. Sangat mudah! Anda tidak butuh yang namanya keterampilan teknis atau programming. Cukup anda miliki ebook ini saja, semua akan berjalan begitu sederhana dan praktis!

Oh iya, mumpung ingat, anda harus memasang theme yang sesuai dengan topik blog anda. Karena itu akan mendukung blog anda menjadi blog yang utuh. Tampilan dan isinya cocok. Klop! Kalau blog anda topiknya tentang desain grafis misalnya, penting memasang theme dengan desain yang ciamik. Sedangkan kalau blog anda bertopik tentang hal-hal rahasia anda bisa pilih warna gelap.

Sebagai contoh misalnya blog Post Secret. Halamannya berwarna hitam untuk mendukung topiknya yang berbicara tentang hal-hal rahasia. Warna hitam identik dengan sifat rahasia atau misterius.

Kalau anda masih bingung, anda bisa temukan pilihan theme lainnya dengan berkunjung ke http://wordpress.org/extend/themes/. Di sana banyak pilihan theme gratis yang bisa anda temukan.

Nah, dalam bab-bab selanjutnya, anda akan banyak menemukan plugins yang saya pakai di blog. Anda mulai penasaran? Silakan ikuti materi selanjutnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *