Blogging Mastermind – Membangun Blog Pertama Anda Part 5: Mengubah Setting Default Blog Sesuai Dengan Misi Blog

Anda tahu apa itu modul dan theme? Baik, mari kita mulai dari yang pertama, yaitu modul.

Dalam bahasa sehari-hari, modul berarti buku panduan. Nah, dalam blogging, kedudukan modul kurang lebih sama dengan buku panduan. Modul dalam blog merupakan kumpulan dan panduan program. Dalam blog jenis WordPress, modul dapat diistilahkan dengan plugins.

Lalu, bagaimana dengan themes?

Sesuai dengan namanya, themes berarti corak atau tampilan dalam blog. Biasanya, blog menyediakan beberapa motif yang bisa anda gunakan. Nah, dari sekian banyak blog yang ada, hanya WordPress yang menyediakan themes terbanyak. Anda akan belajar banyak tentang themes ini di subbab terakhir.

Bagaimana? Anda sudah paham apa yang saya maksud dengan modul dan theme? Jika anda masih sulit untuk memahaminya, silakan ikuti saja materi tentang kedua istilah tersebut. Pada saatnya nanti, anda juga akan bisa memahaminya sendiri.

Yang terpenting, dua program ini merupakan dua langkah dasar yang sebaiknya anda lakukan untuk mengoptimalkan tampilan dan kinerja blog. Sebenarnya, masih banyak langkah-langkah yang harus anda lalui untuk mengoptimalkan blog anda. Tetapi, sebagai langkah dasar, cukup dua program saja yang perlu diselesaikan.

Baiklah, saya yakin, anda sudah mulai tidak sabar untuk segera menyelesaikan semua tugas-tugas tambahan ini. Untuk itu, segeralah membaca dan simak baik-baik materi ini satu persatu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *