Blogging Mastermind – Membangun Blog Pertama Anda Part 4: Menginstall WordPress di Webhost

Saat ini, saya yakin, anda sudah mulai berbunga-bunga karena akan melewati tahap yang paling anda tunggu, yaitu menata tampilan blog WordPress. Ya, dua tugas yang cukup berat dan mendebarkan telah anda lewati, yaitu mendaftar nama domain dan webhost. Sudah saatnya anda mulai sedikit bersantai ria karena ini tahap yang satu ini tidak membutuhkan langkah-langkah yang terlalu rumit.

Benarkah demikian? Anda buktikan sendiri! Silakan ikuti beberapa langkah berikut ini:

Langkah #1 – Ketik http://(namadomain).com/cpanel lalu login dengan memasukkan “User ID” dan “Password” webhost anda.

Langkah #2 – Dalam halaman kontrol panel (cPanel), carilah icon “Fantastico”, lalu klik icon tersebut.

Langkah #3 – Anda akan berhadapan dengan halaman baru. Klik “Blogs” dalam susunan daftar “Fantastico Home”, lalu klik “WordPress”.

Langkah #4 – Dalam window yang baru, anda akan melihat informasi tentang WordPress di sebelah kanan, cari dan klik bacaan “New Installation”.

Langkah #5 – Anda akan berhadapan dengan formulir instalasi WordPress bagian pertama seperti di bawah ini. Isilah seluruh kotak yang kosong tersebut kecuali kotak “Install in directory”. Lalu, klik tombol “Instal WordPress”.

Langkah #6 – Anda akan berhadapan dengan formulir instalasi bagian kedua. Catatlah alamat URL blog anda (seperti yang telah saya tunjukkan di bawah ini). Kemudian, klik tombol “Finish Installation”.

Langkah #7 – Anda akan berhadapan dengan proses instalasi. Catatlah alamat URL admin WordPress anda (seperti yang saya tunjukkan di bawah ini) untuk keperluan perancangan WordPress anda.

Langkah #8 – Anda telah selesai melewati proses pembuatan webhost WordPress anda! Saatnya anda menuju ruang administrasi WordPress dengan mengetik http://(namadomain).com/wp-admin atau http://(namadomain).com/wp-login.php lalu login dengan masukkan “Username” dan “Password” anda di screen WordPress seperti tampil di bawah ini.

Langkah #9 – Anda telah memasuki admin panel WordPress. (1) Klik menu “Settings” di bagian kiri; (2) Dalam kotak “WordPress Address URL” dan “Blog Address (URL)”, masukkan alamat URL anda dengan menambah “www.” di depannya. Lihatlah contoh seperti di bawah ini: http://www.(namadomain).com/; (3) Klik “Save Changes”

Langkah #10 – Masuklah kembali ke admin panel WordPress anda dengan mengetik http://www.(namadomain).com/ wp-admin. Lalu, masukkan “Username” dan “Password” anda.

Langkah #11 – (1) Pilih menu “Settings” di bar samping. (2) Klik menu “Permalinks”. (3) Dalam daftar “Common Options”, klik/tandai salah satu pilihan. (4) Bila anda memilih “Custom structure”, masukkan kode berikut “/%category%/%postname%”. (5) Klik “Update Permalink Structure”.

Catatan: Untuk yang satu ini anda boleh gunakan category atau date sebagai folder sebelum post name. Untuk JokoSusilo.com, saya lebih suka menggunakan date karena bisa menandai tanggal kapan artikel ini di publish. Sedangkan untuk kepentingan optimasi, saya rasa tidak begitu terpengaruh.

Akhirnya… selesai juga anda menuntaskan tugas perancangan blog WordPress! Saya yakin, anda tidak akan terasa telah mencapai langkah terakhir, yaitu langkah ke-11 untuk mengoptimasi blog anda.

Anda tahu apa yang telah anda lakukan sejak tadi? Sebenarnya, jika anda mau teliti, sejak langkah pertama hingga langkah kesebelas ini, anda telah melakukan banyak hal untuk tampilan blog WordPress anda. Jika diklasifikasikan, beberapa hal yang telah anda lakukan adalah:

• Instalasi WordPress. Ya, anda bisa lihat, dalam langkah-langkah awal, anda telah banyak melakukan proses installasi WordPress. Intinya, anda saat ini sudah benar-benar memiliki blog untuk bisnis anda!

• Perubahan alamat URL blog menjadi alamat URL website. Saat anda menambahkan “www.” pada awal alamat URL blog, maka blog anda akan tampil seperti layaknya URL website pada umumnya!

• Perancangan alamat URL blog untuk SEO. Anda percaya? Dalam langkah terakhir, anda sebenarnya telah melakukan optimasi blog untuk SEO (Search Engine Optimization). Itu berarti anda telah berhasil mendaftarkan diri pada search engine!

Jika tidak percaya, silakan anda ketik nama domain anda dalam Google, maka anda akan melihat alamat blog anda muncul di bagian teratas! Tapi, ini hanya tahap permulaan. Masih banyak langkah-langkah yang harus anda lakukan agar anda benarbenar mantap di urutan teratas search engine. Ikuti terus materi ebook ini!

Tuntas sudah tugas-tugas primer yang anda lakukan untuk memiliki blog! Ya, sejak awal, anda telah melaksanakan tugas-tugas primer tersebut, mulai dari nama domain, servis hosting, hingga mengoptimasi tampilan blog WordPress anda! Ketiganya memang merupakan tugas utama yang wajib dilakukan seseorang untuk memiliki blog WordPress.

Nah, selanjutnya, anda mulai menuju tugas-tugas yang lebih mudah, yaitu tugas-tugas sekunder dalam blog WordPress. Tugas sekunder? Ya, tugas tambahan ini berupa optimasi theme dan modul blog anda. Ini akan semakin menambah nilai artistik dalam blog anda! Menarik bukan?

Anda mau tahu? Mari kita lanjutkan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *