Blogging Mastermind – Bagaimana Memposting Tulisan Anda Part 1: Dari Mana Menulis Posting?

Selamat! Blog anda sudah siap diisi dengan posting anda. Anda bisa mengisinya dengan artikel-artikel tentang topik yang telah anda pilih. Memang posting menjadi salah satu aktivitas terpenting dalam blogging.

Karena itu, tiap hari blogosfer (dunia blog) selalu dipenuhi jutaaan posting baru. Ada yang secara kualitas baik, namun tidak sedikit yang pas-pasan mutunya. Posting yang kualitasnya pas-pasan salah satu penyebabnya adalah tidak maksimalnya penggunaan seluruh unsur posting. Sehingga yang mestinya hasilnya bisa maksimal dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan, menjadi tidak ada “bunyinya”.

Nah, untuk itu, kali ini kita bahas mengenai struktur posting yang perlu anda tahu. Serta akan saya ulas cara menulis posting. Bagaimana? Anda siap? Lets go!

Setiap akan mulai menulis, selalu mulai dari menetapkan apa tujuan anda. Kalau anda punya banyak tujuan, sangat baik kalau anda mendaftar apa saja tujuan anda itu. Yang saya maksud tujuan adalah motif anda menulis posting tersebut. Contoh seperti berikut ini:

Tujuan saya memposting adalah:

  • Untuk menjual produk.
  • Untuk membangun kredibilitas.
  • Untuk meraih traffic tinggi.
  • Untuk mengikat loyalitas pengunjung.
  • dst

Setelah anda tetapkan tujuan-tujuan itu, dalam setiap posting sebaiknya ada tujuan utama yang ingin anda tonjolkan. Kemudian anda tetapkan kira-kira posting seperti apa yang paling bisa membuat tujuan tersebut tercapai.

Misalnya, tujuan utama anda adalah “untuk menjual produk”, maka kira-kira posting seperti apa yang bisa mencapai tujuan itu. Anda ada pendapat? Kalau saya kira-kira akan menulis posting tentang berikut ini:

  • Pengenalan produk tersebut.
  • Manfaat produk tersebut
  • Pengalaman saya memakai produk tersebut.
  • Dst

Kalau misalnya, tujuan anda “untuk meraih traffic tinggi”, kira-kira apa saja yang bisa ditulis? Kalau saya akan memilih hal yang saat ini banyak diminati dan dibicarakan orang atau topik yang kontroversial. Namun semuanya tetap berhubungan dengan topik utama blog anda.

Jadi intinya, mulailah dari tujuan anda. Maka anda akan lebih mudah untuk menentukan apa yang akan anda posting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *