Blogging Mastermind – 7 Kesalahan Fatal Dalam Blogging Part 7: Tampilan Yang Tidak Memikat

Apa rahasia lain yang membuat pembaca merasa betah mengunjungi blog anda? Tampilan yang memikat! Ya, tampilan blog sangat mempengaruhi hasrat pembaca untuk selalu berkunjung ke blog anda.

Lalu, apakah tampilan yang memikat selalu identik dengan gambar dan video? Eits… anda jangan salah. Anda mungkin sering mendengar bahwa gambar mewakili seribu kata dan video mempermudah pemahaman anda. Tapi, dalam bisnis online, kedua hal tersebut tidak benar-benar dibutuhkan. Gambar yang terlalu banyak akan membuat pembaca kehilangan konsentrasi pada tulisan anda.

Begitu juga, hadirnya video atau flash dalam blog anda hanya akan memperlambat proses loading! Pengunjung bisa jadi meninggalkan blog anda sebelum proses loading selesai. Meskipun video membantu pemahaman mereka, tapi dalam internet marketing, alat itu hanya akan memperlambat traffic.

Nah, yang anda perlukan saat ini adalah memaksimalkan tampilan blog. Pilihlah gambar-gambar yang mendukung saja dan meningkatkan hasrat pembaca. Jika anda memiliki banner, cukup tampilan banner itu saja yang didesain sedemikian rupa juga gambar-gambar produk yang anda tawarkan. Jangan sekali-kali menampilkan foto-foto pemandangan atau binatang kesayangan anda di halaman blog bisnis anda itu.

Ingat, blog anda bukanlah pameran gambar! Blog anda adalah lahan uang! Jadi, jika ingin benar-benar berniat untuk mendapatkan penghasilan dari blog, anda juga harus benar-benar memperlakukannya dengan baik.

Baiklah, jika anda memiliki masalah soal desain grafis dan layout, cobalah ikuti beberapa saran saya di bawah ini:

Minta bantuan teman atau menyewa orang. Jika anda memang benar-benar asing dengan urusan layouting, sebaiknya anda jangan mengambil resiko dengan mengerjakannya sendiri. Bisa jadi, anda malah merusak blog pribadi anda sendiri. Anda bisa minta bantuan teman anda untuk melakukannya. Jika tidak, sewalah orang yang ahli dalam desain grafis untuk mengurusi blog anda itu. Mintalah mereka untuk membuat tampilan blog yang sederhana namun tetap menarik dilihat.

Bagaimana? Saya yakin, anda sudah bisa memilih kedua saran tersebut atau akan lebih baik jika anda melaksanakan dua saran tersebut sekaligus. Maka, anda akan mendapatkan hasil tampilan blog yang benar-benar maksimal. Setelah itu, anda tinggal menunggu waktu saja bagaimana pengunjung anda memuji kualitas tampilan blog tersebut dan yang paling penting, membeli produk anda!

***

Wah…anda rupanya sudah belajar banyak seputar content dalam modul yang satu ini. Saya yakin, anda telah memiliki rancangan jelas dan pasti mau kemana anda melangkah bersama blog anda. Jadi, saya harap, setelah anda selesai membaca ebook ini, anda juga telah selesai mencatat poin-poin penting di dalamnya karena kita akan melanjutkan petualangan yang lebih menarik di modul selanjutnya, yaitu tentang bagaimana mendatangkan sebanyak mungkin pengunjung ke blog anda!

Sudah siap? Mari kita lanjutkan ke modul berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *