Blogging Mastermind – 7 Kesalahan Fatal Dalam Blogging Part 6: Keluar Dari Topik

Persoalan mendasar yang bisa menyebabkan kegagalan dalam bisnis online adalah karena anda keluar dari topik. Ya, topik merupakan inti dari artikel dan content blog anda. Topik adalah ide umum yang ingin anda sampaikan pada pembaca. Anda berharap bahwa pembaca bisa menangkap ide tersebut dengan benar dan tepat.

Namun, saya sering menemukan blog-blog bisnis online yang keluar dari topiknya. Ia ingin menawarkan produk software, tapi kadang malah bicara terlalu panjang soal pemasaran internet. Pemilik blog tersebut sepertinya keenakan saat menulis tentang produk software, sehingga penjelasannya sampai berhubungan dengan pemasaran internet. Saya justru merasa bosan sendiri dengan content blog yang seperti itu. Nah, untuk mengatasi masalah ini, saya punya beberapa saran:

• Fokuslah pada produk yang anda jual. Anda harus memastikan, setiap anda menulis artikel, ingatlah jenis produk apa yang anda jual pada saat itu. Jangan hanya sekadar menulis saja. Tulisan anda harus benar-benar mencerminkan produk tersebut.

• Buatlah kerangka karangan. Jika anda khawatir keluar dari topik, buatlah kerangka atau draf-draf tulisan yang ingin anda buat. Kerangka ini akan membantu anda membatasi diri dalam menulis artikel atau content blog anda. Selain itu, kerangka ini juga berguna untuk membuat tulisan anda lebih sistematis dan terarah.

Selain itu, jangan sampai tulisan anda berbelit-belit. Tulisan seperti itu cenderung tidak disukai pembaca. Meskipun anda tetap fokus pada topik yang ingin anda tulis, tapi anda masih menggunakan bahasa-bahasa yang tidak penting, pembaca bisa cepat jenuh pada tulisan anda itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *