Blogging Mastermind – 7 Kesalahan Fatal Dalam Blogging Part 4: Terlalu Banyak Meletakkan Link Ke Dalam Blog

Apakah anda ingat tentang konsep MWR (Most Wanted Response) yang saya jelaskan di SIMBIO? Ya, setiap webmaster dan blogger bisnis online pasti memiliki respon yang paling diinginkan dari pengunjung. Kebanyakan, pemilik blog memiliki dua MWR, yaitu pengunjung menulis komentar di blog anda, atau mengisi data kontak untuk anda beri artikel lanjutan.

Nah, untuk meningkatkan traffic blog anda, cobalah untuk fokus pada respon apa yang paling anda inginkan. Caranya? Jangan pernah sekalipun menaruh beragam link yang tidak berhubungan sama sekali dengan topik blog anda.

Anda perlu ingat, saat pengunjung telah mengklik link lain dalam blog anda, maka hilanglah kesempatan anda untuk menarik perhatian mereka lebih jauh. Untuk itu, jagalah blog anda dari link-link asing yang tidak memiliki kesamaan apapun dengan produk yang anda jual.

Berikut ini saran-saran saya agar anda benar-benar bisa menghindari kesalahan poin keempat tersebut:

• Fokus pada MWR. Cobalah untuk fokus pada MWR anda. Jangan sekalipun anda berpikiran bahwa blog anda harus berpenampilan seperti ini, seperti itu, sehingga anda harus meletakkan beragam link yang tak jelas dalam blog anda. Percayalah, ini akan menghilangkan respon dan perhatian pengunjung pada blog anda. Padahal, perhatian dan respon mereka adalah syarat utama dalam bisnis online anda sendiri.

• Seleksilah setiap link yang ada. Kadang, ada beberapa orang yang sengaja menaruh link ‘tanpa pamit’ di dalam blog anda. Jika anda menemukannya, segeralah delete link tersebut dari halaman blog anda.

Kalau begitu, blog saya harus benar-benar bersih dari link keluar donk? Tidak seratus persen harus seperti itu. Anda bisa mengambil keputusan bijak terhadap link-link yang anda pasang di blog anda. Perhitungkan tingkat keuntungan dibanding kerugiannya.

Jikapun anda mencantumkan link lain, link-link tersebut bukanlah link sembarangan. Link-link itu merupakan link blog atau website yang memiliki hubungan yang sama dan jelas dengan isi atau produk dalam blog anda. Sedangkan yang terlarang bagi anda adalah memasukkan link-link yang campur aduk dan tidak memiliki kesamaan dari segi apapun. Inilah yang harus anda hindari…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *