Blogging Mastermind – 7 Kesalahan Fatal Dalam Blogging Part 2: Menulis Tanpa Ide Yang Jelas

Seperti yang pernah saya kemukakan di depan, tulisan anda haruslah padat dan singkat. Anda perlu ingat, pengunjung telah meluangkan banyak waktu untuk sekadar membaca tulisan atau artikel dalam blog anda. Mereka rela berhenti sejenak di blog anda hanya untuk mengetahui informasi apa yang akan mereka dapatkan dari anda. Untuk itu, jika anda menulis dengan cara yang berbelit-belit, percayalah… pengunjung akan lebih dulu meninggalkan blog anda sebelum anda sempat menyapanya.

Lagipula, mereka bisa jadi membaca artikel anda saat online, sehingga mereka merasa terus dikejar waktu. Apalagi kalau mereka membacanya di warnet. Bayangan biaya internet yang mahal terus menghantui mereka. Untuk itu, anda harus berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik kepada mereka.

Nah, tugas anda adalah cobalah untuk merebut hati mereka dengan memberikan tulisan-tulisan yang padat dan sistematis. Untuk menciptakan tulisan seperti ini, tentu anda harus memiliki ide yang jelas sebelum anda menulis apapun, termasuk menulis artikel untuk blog anda.

Kebanyakan blog-blog yang pernah saya temukan selalu memakai kata-kata yang berbelit-belit dan cenderung membosankan. Seperti “Selamat datang di blog saya… bla… bla!” Padahal, pengunjung tidak butuh sambutan seperti itu. Yang mereka butuhkan hanyalah manfaat apa yang bisa mereka peroleh setelah mereka berkunjung ke blog anda.

Jika ide tulisan atau artikel anda saja masih belum jelas, bagaimana anda bisa mulai menulis? Untuk itu, cobalah untuk menyusun dan mencari ide terlebih dahulu sebelum anda menulis. Saya menawarkan dua cara untuk menemukan ide tersebut:

• Gunakan kotak comment. Cobalah sesering mungkin menyaring semua ide dari pendapat-pendapat dan masukan-masukan pengunjung di kotak comment blog anda. Saya yakin, ada banyak hal yang bisa anda dapatkan dari sana. Kemudian, susunlah konsep pendapat mereka dalam sebuah tulisan. Lalu, tampilkan…

• Gunakan search engine. Carilah materi-materi seputar topik blog anda di search engine. Anda akan lebih banyak mendapatkan ide-ide baru yang bisa anda tulis dan tampilkan. Jangan sekali-kali anda menulis ‘sekali jadi’, ini akan membahayakan pada kualitas tulisan anda nanti.

Dari pada anda mencari ide tersebut lewat pikiran anda sendiri, anda lebih baik menggunakan dua alat di atas untuk membantu anda menulis content atau artikel blog. Saya pikir, dengan menggunakan dua alat di atas, ide anda bisa lebih tepat karena langsung membicarakan seputar masalah-masalah yang dihadapi customer pada umumnya.

Mudah, bukan? Tunggu apa lagi? Cobalah mulai saat ini untuk mencari-cari ide itu. Jangan sampai anda menulis tanpa ide dan konsep yang matang terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *